Call: 0812.8222.1757 | Europe District - Green Lake City

Cara Mendapatkan Modal Bagi Pebisnis Pemula


Masalah klasik yang dialami oleh pebisnis pemula sebagian besar adalah cara mendapatkan modal untuk usahanya. Jeritan dan keluhan tentang hal ini selalu ada. Padahal, jika mereka mau berdiskusi dengan seniornya, bisa saja memperoleh informasi akurat terkait permodalan yang dibutuhkan.

Masalah cara memperoleh modal memang dapat dipandang menjadi suatu hal yang serius, terutama jika pengusaha pemula berfikir ingin cepat-cepat untuk menjadikan bisnisnya menjadi besar. Secara nalar, prinsip seperti ini sebenarnya kurang bagus, karena anda akan menjadi pihak yang kurang handal dalam pengelolaan, terutama dalam hal biaya operasional dan menghadapi masalah-masalah keuangan. Mental seorang seorang pebisnis yang tangguh akan sulit didapatkan jika prinsip ini diterapkan.

mencari modal usaha

Sumber Permodalan Dalam Bisnis

Adapun beberapa alternatif yang dapat dijadikan sebagai sumber untuk modal dalam pengelolaan bisnis yang anda kelola adalah dengan cara sebagai berikut:

  1. Hasil tabungan. Inilah sumber modal yang paling direkomendasikan. Pengalaman pebisnis yang sukses, ternyata 80% dari mereka diawali dengan menggunakan tabungan yang dimiliki. Penjelasan kuantitatif memang sulit dilakukan, tetapi jika kita bicara kualitatif, maka seseorang yang memanfaatkan tabungan untuk memulai usaha, biasanya lebih bertanggung jawab. Mentalnya akan terasah karena mengetahui betapa sulitnya menyisihkan pendapatan dan ditabung. Sehingga dia akan berusaha fokus dan serius mengelola bisnisnya, agar tabungan yang dipakai dapat segera balik modal.
  2. Menyisihkan Pendapatan. Ini juga merupakan cara mendapat modal bisnis yang direkomendasikan. Jika anda sudah memiliki penghasilan / gaji karena memiliki pekerjaan tetap, sangat disarankan untuk menyisihkannya untuk memperkuat modal. Jika penghasilan pas-pasan, pebisnis pemula sebaiknya mampu melakukan seleksi terhadap pengeluaran mana yang harus didahulukan.
  3. Meminjam Dana. Inilah sumber permodalan yang harus hati-hati dalam keputusan pengajuannya. Walaupun banyak perusahaan keuangan resmi yang siap mendanai seperti: Bank, leasing, Lembaga khusus (foundation), koperasi dan lain-lain, tetapi semuanya bersyarat. Biasanya sulit dicairkan jika anda tidak memiliki jaminan. Jika anda benar-benar baru memulai usaha, tidak disarankan mencari modal dengan cara mengajukan pinjaman dana. Karena anda belum mengetahui untung ruginya bisnis yang dikelola dan apakah keuntungannya dapat disisihkan sebagian. Mengapa tidak semua keuntungan bersih digunakan untuk membayar pinjaman? Karena pengalaman berbicara, tidak ada pebisnis yang menyerahkan seluruh margin untuk membayar hutang.
  4. Menjual Aset. Cara memperoleh modal usaha dengan menjual sebagian harga sebenarnya merupakan tindakan yang cukup baik. Efeknya secara moral akan memacu anda untuk bekerja secara maksimal dan fokus dalam pengelolaan bisnis. Sayangnya, tidak banyak pengusaha pemula yang rela melakukan hal ini.
  5. Mencari Patner Usaha. Beberapa orang melakukan pencarian patner untuk memperoleh modal dalam berbisnis. Cara ini bisa saja dilakukan, tetapi jika anda baru saja memulai, kami sarankan berpatner kepada orang yang dikenal. Kondisi bisnis baru yang dilakukan pemula, akan menimbulkan banyak kecurigaan. Dan sebagai pengelola bisnis, kondisi ini cukup mempengaruhi cara anda menjalankan usaha.
  6. Menjalankan Usaha Support. Artinya anda disarankan menjadi afiliasi atau reseller terlebih dahulu pada pengusaha yang skala bisnisnya lebih besar. Contohnya pada Dj Biz. Anda bisa menjalankan peluang bisnis modal kecil yang kami tawarkan. Jika sudah paham dan modal sudah terkumpul, bisa saja di masa depan anda menjadi kreditur dengan mendirikan leasing, bank, bpr atau koperasi simpan pinjam.
  7. Mencari Investor. Pencarian investor pada usaha yang baru berdiri bagaikan mencari jarum dalam gudang jerami. Anda belum bisa membuktikan seberapa besar keuntungan yang dapat diperoleh setiap bulannya. Tetapi jika usaha anda telah berjalan dua tahun atau lebih, apalagi jika bisnis yang anda miliki cukup populer di masyarakat, bisa saja investor berlomba-lomba memberikan penawaran kepada anda.
  8. Bergabung Pada Komunitas Bisnis. Dalam beberapa tahun belakangan ini, di kota Jakarta tumbuh subur komunitas bisnis yang bertujuan pendampingan. Seolah berdiri sebagai holding yang membawahi banyak usaha, dan salah satunya adalah bisnis yang anda kelola. Mereka mengajukan pinjaman kepada institusi dengan deal-deal khusus, yang biasanya disertai dengan melakukan presentasi usaha anda. Sepanjang pembagian hak-nya jelas termasuk kewajibannya, maka teknis ini sah saja dilakukan. Apalagi beberapa lembaga donatur hanya mau mengucurkan bantuan modal pada pihak yang dikenal.

Demikianlah penjelasan terkait cara mencari modal usaha yang dapat dilakukan oleh pebisnis pemula. Mendapatkan modal secara prinsip memang perlu, tetapi waktu pengajuannya haruslah benar-benar dilakukan berdasarkan perhitungan yang cermat.

Related Post